Siaran Pers
IPB University
No 301/SP.BIRKOM.IPB/IV/2020
Bogor, 8 April 2020
IPB Terima 1.835 Mahasiswa Baru Melalui SNMPTN 2020
IPB University menerima 1.835 mahasiswa baru S1 Reguler dari total pendaftar SNMPTN 2020 ke IPB University sebanyak 15.405 peserta dimana 394 diantaranya adalah pelamar beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah.
Hasil SNMPTN 2020 diumumkan Rabu (08/4). Hasil pengumuman dapat dilihat di laman http://snmptn.ac.id atau http://snmptn.ipb.ac.id. Informasi registrasi (daftar ulang) calon mahasiswa baru yang diterima di IPB University dapat dilihat secara online melalui laman http://registrasi.admisi.ipb.ac.id.
Pada tahun ini, IPB University menerima mahasiswa baru melalui enam jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN, Ujian Tulis Masuk Berbasis Komputer (UTMBK), Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), Jalur Ketua OSIS, Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dan Jalur Kelas Internasional.
Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima di IPB University melalui SNMPTN 2020, dapat menyiapkan dokumen registrasi yang sudah ditentukan serta mengunggah pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id.
Tahap awal registrasi calon mahasiswa baru IPB University Tahun Akademik 2020/2021 ini dilakukan secara online dengan mengakses laman registrasi.admisi.ipb.ac.id pada periode 9 sampai 17 April 2020 untuk tahap pertama dan periode 20 April sampai 8 Mei 2020 untuk tahap kedua. Sedangkan periode verifikasi berkas akan diberitahukan kemudian.
Registrasi calon mahasiswa baru IPB University tahun akademik 2020/2021 yang diterima melalui jalur SNMPTN terdiri atas beberapa tahapan seperti berikut (sesuai dengan panduan pada laman http://registrasi.admisi.ipb.ac.id):
Registrasi calon mahasiswa baru IPB tahun 2020/2021 dilakukan secara online melalui laman http://registrasi.admisi.ipb.ac.id. Login dilakukan dengan menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.
A. Registrasi online tahap 1
1. Mengisi Formulir Biodata secara online pada periode 9 – 17 April 2020
2. Mengunggah dokumen dibawah ini pada periode 9 – 17 April 2020
a. Scan Kartu Peserta SNMPTN 2020
b. Scan Rapor Asli (Halaman Data Diri Siswa dan Halaman Rapor yang terdapat nilai Matematika (Wajib), Fisika, Biologi, dan Kimia semester 1-5)
c. Pasfoto terbaru (disarankan menggunakan foto kartu peserta SNMPTN, latar belakang warna merah, ukuran 400 pixel x 600 pixel (250 dpi) format jpg, proporsi wajah 60-70%)
B. Registrasi online tahap 2
1. Mengunggah dokumen pada periode 20 April – 8 Mei 2020
a. Surat Keterangan Penghasilan Kotor Ayah dan Ibu / Wali dari instansi tempat kerja; bagi wiraswasta atau pekerjaan lainnya berupa surat keterangan yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah
b. Bukti daya listrik dan pembayaran listrik 3 (tiga) bulan terakhir di rumah orang tua / wali
c. Kartu keluarga orang tua/wali 2. Ketentuan mengenai biaya pendidikan/Uang Kuliah Tunggal dan waktu pembayarannya akan ditetapkan secara online pada tanggal 5 Juni 2020
3. Periode pembayaran UKT tanggal 8-15 Juni 2020
C. Unggah dan Verifikasi dokumen
1. Unggah scan IJAZAH asli atau Surat Keterangan Lulus asli pada periode 6 – 10 Juli 2020.
2. Jadwal Verifikasi akan diberitahukan kemudian. Saudara diwajibkan hadir sendiri pada saat proses verifikasi (tidak boleh diwakilkan) dengan membawa dokumen sebagai berikut:
a. Ijazah asli
b. Rapor asli
c. Akte kelahiran asli
3. Verifikasi dilakukan terhadap kesesuaian dan kebenaran dokumen yang Saudara unggah dibandingkan dengan dokumen asli. Pembatalan status penerimaan sebagai calon mahasiswa dapat dilakukan bila ada perbedaan antara dokumen nilai yang diunggah melalui PDSS dengan dokumen asli.
4. Pengumuman terkait dengan jadwal masuk asrama, Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru, dan awal perkuliahan akan disampaikan kemudian.
5. Pengumuman atau pemberian informasi terbaru akan disampaikan melalui http://registrasi.admisi.ipb.ac.id. Dimohon agar Saudara secara periodik mengunjungi laman tersebut.